Make My World so colorful

Pohon Berkicau

Pohon berkicau,hmm???? Eits jangan salah yang berkicau emang bukan pohonnya, tapi burung! Karena burung-burung itu sering ngobrol di pepohonan, jadi… berkicau kan pohonnya! Nah, ada gak yang ingin punya pohon berkicau seprti yang sering kita lihat di taman-taman kota? Gak susah kok! Tinggal tanam pohon yang disukai burung. Lalu Bersikap baiklah dengan mereka dan jangan pernah mengetapel mereka…

Bukan Cuma payung

Buat kita, menanam pohon di sekitar rumah bukan Cuma untuk dijadikan “payung” peneduh. Akan tetapi juga bisa jadi pabrik buah, pabrik bunga, dan yang pasti Pabrik oksigen. Dikota yang bising, pohon pun dapat mengurangi polusi udara dan suara.

Untung buat burung

Bagi beberapa jenis burung, pohon itu merupakan Restoran. Menu makanan yang mereka sukai, bunga, buah dan biji. Sering pula pohon dijadikan tempat berburu yang mengasyikkan oleh burung pemakan serangga. Selain itu, pohon juga dijadikan tempat bersarang. Sarang mereka buat dari berbagai bahan. Ada yang dari ranting, daun, bahkan tanah. Ada juga yang hanya mematuki batang pohon yang sudah agak lapuk. Eh, masih ada lagi. Pohon merupakan “Villa” tempat burung-burung beristirahat.

Pohonnya juga untung

Kita dan burung memang sama-sama untung dengan adanya pohon! Nah, bagaiman dengan si pohon sendiri? Rugikah kalau kita tanam? Meranakah kalau “di serang” burung? Gak donk! Burung dan serangga kan penyebar biji yang ulung! Jadi si pohon akan tertolong perkembang biakannya. Dan jangan salah, pohon pun akan senang dan tumbuh subur kalau kita rawat, siram, dan pupuk. Oiya, kita bisa ikut mengembangbiakkannya juga kan!

Lebih asyik dari pada dikurung

Mengarkan kicauan burung langsung dari alam bebas ternyata lebih asyik daripada mendengar kicau burung dikurungan. Kalau mereka sedang mampir, kita bisa melihat lincah dan senangnya mereka hidup bebas. Dan kalau cicit-cuitnya bisa di terjemahkan, pasti artinya lebih mengemirakan daripada cicit-cuit burung yang tertekan didalam kurungan.

Tak perlu bingung

Di antara pohon yang banyak jenisnya, tidak semua pohon disukai burung. Hanya ada beberapa saja. Jadi pohon apa donk? Dari berbagai sumber yang saya dapat, Saya beri tahu beberapa jenis saja ya. Ini dia…

Dari jenis tanaman hias, mereka suka pada tanaman bambu, dadap, kenanga, palem merah, pinang sirih, pohon kupu-kupu, kembang soka, pisang hias. Kalau tanaman buah, mereka suka pada pohon sawo kecik, sarikaya, salam, rukem, nangka, rambutan, kersen, lobi-lobi, jambu air, jambu biji, gowok, jamblang, durian, buni, belimbing, kelapa, kemang.

Sedangkan dari jenis tanaman peneduh mereka lebih senang bermain di pohon asam kranji, beringin, butun, cemara laut, flamboyant, jarak pagar, kapuk, karet kebo, kayu putih, laban, sempur, sengon, tanjung, turi dan mindi.

Tidak bisa langsung

Untuk menanam pohon-pohon kesukaan burung seperti ini, kita bisa membeli bibitnya ditukang tanaman atau mencangkoknya dari pohon teman kita. Namun, untuk mendapatkan pohon yang bisa berkicau, tentu kita harus bersabar menunggu agar si pohon tumbuh besar dan berdaun rindang. Kalo berminat, mengapa tidak! Sekarang saja! Supaya beberapa tahun lagi kita bisa menikmati pohon berkicau itu. Apalagi kalau kita pun bisa ikutan menanamnya. Wah… bisa saya bayangkan betapa hijau dan berkicaunya kota tempat tinggal kita nanti.

Iklan

Comments on: "Pohon Berkicau" (16)

  1. permisi saya mengamankan PERTAMAX dulu 😀

    mananam pohon bukan cuma bagus untuk kita tapi untuk anak cucu dan orang sekitar, bahkan untuk makhluk lain disekitar kita. Misalnya kita menanam pohom rambung atau beringin kalimantan, selain bisa jadi tempat hewan – hewan bersarang, makhluk gaib juga bakalan ikut nimbrung 🙂 😀

  2. Jangan pernah berhenti untuk memperkecil kerusakan lingkungan satu pohon seribu kehidupan..lam kenal

  3. serem tuh low da makhluk gaibnya, ntar burungnya gak berani mampir lg lho…

  4. nah-nah kenapa bisa begitu ????

  5. pohon itu enak buahnya aja

  6. siipp…… makanya jgha truzz n lestarikan pepohonan yg ada disekeliling Qta… jgn Hanya punya niat nebang… nebang… nebang aja’

  7. Didepan rumah saya sudah rindang. Banyak pohon diantaranya pohon nangka. Tetapi kenapa nggak ada burungnya ya?

  8. he3…boleh nanyakan,,,kenapa di depan, belakang, samping kanan kiri, atau atas maupun dibawah rumah saya kok gak ada suarax……saya liat udah seribu pohon dan berbagai jenis saya tanam kok masih saja gak ada kicau’an burung,,,,jgn berkicau mendekat aja gak ada,,,,,,

  9. Go green,,,,Hijaukan bumi kita,,,,
    Stop Global Warming,,,

  10. Kartika, tulisanmu bagus, cara menyajikan dan gaya bahasa yang kau gunakan juga bagus
    saya percaya nanti kau pasti bisa menghasilkan sebuah karya dari hasil keterampilankamu menulis
    selamat berlatih terus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: